Satuan Pendidikan : SMP/MTS....
Kelas / Semester : VII
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Alokasi waktu : 3 jam x 19 minggu - semester 2
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Penilaian |
Siswa mampu: 1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan 2.4 Menghargai keberagaman suku,agama, ras,dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika · Makna Bhinneka Tunggal Ika · Keberagaman dalam masyarakat Indonesia · Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia · Perilaku toleran terhadap keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan | 1.4.1. Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. 1.4.2. Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras 3.4.1. Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia. 3.4.2. Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. 3.4.3. Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia. 3.4.4. Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia. 3.4.5. Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia. 3.4.6. Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika. 3.4.7. Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.4.1. Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar- golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 4.4.2. Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar-golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. | · Siswa mengamati gambar keanekaragaman norma, suku, agama, ras, yang berlaku dalam masyarakat di sekitar tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa · Siswa mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud sikap toleransi · Siswa mengumpulkan informasi tentang keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh percaya diri · Siswa menghubung-hubungkan dengan saling menghormati jawaban dari teman kelompok berbagai informasi tentang Arti Penting dan Perilaku Toleran terhadap keberagaman masyarakat Indonesia · Siswa menyusun dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan penuh tanggung jawab tentang keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan · Siswa menerapkan saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan | 15 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. | · Lisan · Tertulis · Penugasan · |
Siswa mampu: 1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat | Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat · Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat · Pentingnya kerjasama · Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat | 1.5.1 Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan bangsa Indonesia. 1.5.2 Berpendapat secara jujur tentang arti pentingnya kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 2.5.1 Menghargai pendapat tentang arti pentingnya kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat. 2.5.2 Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah 3.5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan. 3.5.2 Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 3.5.3 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik. 3.5.4 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara. 3.5.5 Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama. 4.5.1 Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat. 4.5.2 Meneladani perilaku kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan kehidupan. 4.5.3 Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan siswa | · Siswa mengamati tayangan video/gambar tentang kerjasama di berbagai bidang kehidupan di masyarakat yang tercipta atas dasar sikap saling menghargai · Siswa mengidentifikasi dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab · Siswa mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan kerjasama kelompok · Siswa menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat · Siswa menyajikan hasil telaah kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa percaya diri · Siswa melakukan gotong royong di sekolah | 15 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. | · Lisan · Penugasan |
Siswa mampu: 1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya 3.6 Mengansosiasi karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republic Indonesia 4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat | Karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI · Makna Persatuan dan Kesatuan · Arti penting Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya · Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia | 1.6.1 Bersyukur terhadap daerahnya sebagai bagian dari NKRI. 1.6.2 Bangga terhadap daerah dalam kerangka NKRI. 2.6.1 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3.6.1 Mendeskripsikan perjuangan menuju NKRI. 3.6.2 Menganalisis peran pejuang di daerah dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3.6.3 Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia. 3.6.4 Mendeskripsikan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI 3.6.1 Menganalisis masalah berkaitan dengan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. 4.6.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. 4.6.2 Menyusun laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. 4.6.3 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. | · Siswa mengamati gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa · Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa ingin tahu · Siswa mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerjasama kelompok · Siswa menghubungkan informasi yang diperoleh dari beberapa teman kelompok dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI · Siswa menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. · Siswa mensimulasikan menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda | 18 JP | · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. · Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. | · Lisan · Tertulis · Penugasan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar