Kompetensi Dasar | : | 1.1 MenghargaiperilakuberimandanbertaqwakepadaTuhan Yang MahaEsa, berakhlakmuliadalamkehidupan di sekolahdanmasyarakat 1.4 Menghargaisemangatpersatuandankesatuandalammemahamidaerahtempattinggalnyasebagaibagian yangutuhdantakterpisahkandalamkerangka NKRI. 1.5 Memahamikarakteristikdaerahtempattinggalnyadalamkerangka NKRI 1.1 Menyajihasilpengamatankarakteristikdaerahtempattinggalnyasebagaibagianutuhdari NKRI 4.8 Menyajibentukpartisipasikewarganegaraan yang mencerminkankomitmenterhadapkeutuhannasional |
Topik | : | Daerah Tempattinggalku, Negara KesatuanRepublik Indonesia( NKRI ) Negaraku |
Sub Topik | : | MenghargaisemangatPersatuandanKesatuanBangsa |
Tujuan | : | 1. Menjelaskan alas an perjuangankemerdekaan Indonesia 2. MenjelaskanmaknaPeristiwaRengasdengklokbagiProklamasiKemerdekaan. 3. Menjelaskan proses perumusanteksproklamasikemerdekaan. 4. Menjelaskan proses PembacaanTeksProklamasiKemerdekaan 5. MenyusunlaporanhasiltelaahtentangProklamasiKemerdekaan. 6. MenyajikanhasiltelaahtentangmaknaProklamsiKemerdkaan. |
AlokasiWaktu | : | 1x TM |
TAHAPAN PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
MENGAMATI | 1. Siswamengamatitayangan video tentangteksProklamasiKemerdekaan 2. Siswamencatathal-halpenting yang berkaitantentang video teksProklamasiKemerdekaan. 3. Siswadengantelitidancermatmenganalisateksproklamasi yang di tayangkan |
MENANYA | 1.Siswa dibentukduakelompokyaitukelompokrodankelompokkontra, tentangtayangan video 2. Siswamemahamitugasnyadalamkelompoknyamasing-masing. |
MENGUMPULKAN INFORMASI | 1. Siswamencariinformasidariberbagaisumbertentangbahanuntukberdebat( buku, internet, sumber- sumber lain yang relevan) |
MENGASOSIASIKAN | 1. Siswaberdebattentangmateri yang ditayangkan. 2. Siswamenarikkesimpulandarihasidebatnya. |
MENGKOMUNIKASIKAN | 1. Hasildebatsiswadipajangkanpadapapan display. |
Mengumpulkan informasi | a. Siswadimintamencaridariberbagaisumberuntukmenjawabpertanyaan yang sudah di tetapkanbersama b. Siswamenulispertanyaandanmenulisjawabanpadakartu yang sudah di bagikan c. Siswamengumpulkankartu yang diisi d. Guru memisahkankartusoaldanjawabanmenurutkelompokmasing-masing e. Guru menempelkartujawabandaripesertadidik di tempat yang telah di sediakansejumlahkelompok f. Guru membagikartusoalpadapesertadidik g. Guru menjelaskanpetunjukkerjapadapesertadidik |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar