Model Pembelajaran Debate


Model pembelajaran Debat merupakan cara pembelajaran dimana siswa secara kelompok ataupun individual mengemukakan ide-ide pemecahan suatu masalah. Sedangkan kelompok kontra merespon ide-ide yang dikemukakan oleh kelompok penggagas. Setelah mendapat respon secara kontradiktif, kelompok penggas ide mempertahankan hingga mencapai titik temu.

Tujuan model pembelajaran debat adalah dalam rangka mendorong siwa untuk berani mengemukakan pendapat dan mempertahankan pendapatnya serta membina tanggung jawab kebersamaan dalam mempertahankan ide-ide/gagasannya perlu dibelajarkan model pembelajaran debat.

Langkah-langkah pembelajaan:
(1). Guru membagi dua kelompok peserta debat, yaitu kelompok dan kelompok kontra.
(2). Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh ketua kelompok debat.
(3). Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara dan kelompok kontra menannggapinya. Begitu seterusnya kelompok pro merespon balik tanggapan kelompok kontra sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
(4). Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti dari ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis, sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
(5). Guru menambahkan konsep, ide yang belum terungkap serta mengklarifikasikannya.
(6). Dari ide/gagasan tertulis di papan tersebut, guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik materi/kompetensi yang ingin dicapai.

(7)  Penutup

Kompetensi Dasar
:
1.1   MenghargaiperilakuberimandanbertaqwakepadaTuhan Yang MahaEsa, berakhlakmuliadalamkehidupan di sekolahdanmasyarakat
1.4   Menghargaisemangatpersatuandankesatuandalammemahamidaerahtempattinggalnyasebagaibagian  yangutuhdantakterpisahkandalamkerangka NKRI.
1.5   Memahamikarakteristikdaerahtempattinggalnyadalamkerangka NKRI
1.1   Menyajihasilpengamatankarakteristikdaerahtempattinggalnyasebagaibagianutuhdari NKRI
      4.8 Menyajibentukpartisipasikewarganegaraan yang  mencerminkankomitmenterhadapkeutuhannasional
Topik
:
Daerah Tempattinggalku, Negara KesatuanRepublik Indonesia( NKRI ) Negaraku
Sub Topik
:
MenghargaisemangatPersatuandanKesatuanBangsa
Tujuan
:
1.      Menjelaskan alas an perjuangankemerdekaan Indonesia
2.      MenjelaskanmaknaPeristiwaRengasdengklokbagiProklamasiKemerdekaan.
3.      Menjelaskan proses perumusanteksproklamasikemerdekaan.
4.      Menjelaskan proses PembacaanTeksProklamasiKemerdekaan
5.      MenyusunlaporanhasiltelaahtentangProklamasiKemerdekaan.
6.      MenyajikanhasiltelaahtentangmaknaProklamsiKemerdkaan.

AlokasiWaktu
:
 1x TM

TAHAPAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MENGAMATI
1.      Siswamengamatitayangan video tentangteksProklamasiKemerdekaan
2.      Siswamencatathal-halpenting yang berkaitantentang video teksProklamasiKemerdekaan.
3.      Siswadengantelitidancermatmenganalisateksproklamasi yang di tayangkan
MENANYA
1.Siswa dibentukduakelompokyaitukelompokrodankelompokkontra, tentangtayangan video
2. Siswamemahamitugasnyadalamkelompoknyamasing-masing.
MENGUMPULKAN INFORMASI

1.      Siswamencariinformasidariberbagaisumbertentangbahanuntukberdebat( buku, internet, sumber- sumber lain yang relevan)

MENGASOSIASIKAN

1.      Siswaberdebattentangmateri yang ditayangkan.
2.      Siswamenarikkesimpulandarihasidebatnya.
MENGKOMUNIKASIKAN

1.      Hasildebatsiswadipajangkanpadapapan display.


Mengumpulkan informasi




a.       Siswadimintamencaridariberbagaisumberuntukmenjawabpertanyaan yang sudah di tetapkanbersama
b.      Siswamenulispertanyaandanmenulisjawabanpadakartu  yang sudah di bagikan
c.       Siswamengumpulkankartu yang diisi
d.      Guru memisahkankartusoaldanjawabanmenurutkelompokmasing-masing
e.       Guru menempelkartujawabandaripesertadidik di tempat yang telah di sediakansejumlahkelompok
f.       Guru membagikartusoalpadapesertadidik
g.       Guru menjelaskanpetunjukkerjapadapesertadidik




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Label Cloud

IPK (3) Perangkat (3) PKP (11) Program (3) Prota (3) RPP (14) Silabus (9)