Model Pembelajaran Jigsaw



Model pembelajaran kooperatif teknik JIGSAW (Model Tim Ahli) dikemukakan oleh Aronson, Blanney, dan Stephen, Sikes dan Snapp, tahun 1978

Pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw adalah suatu pembelajaran kooperatif dimana dalam proses pembelajaran setiap siswa dalam kelompok disilang dan memperoleh tugas yang berbeda. Anggota kelompok yang memperoleh tugas sama dikumpulkan jadi satu dan membahas tugas tersebut (kelompok kooperatif). Tiap anggota setelah selesai mengerjakan harus kembali ke kelompok semula untuk menyampaikan hasil pembahasan (ahli informasi), sehingga kelompok pembahas kembali ke kelompok semula dengan membawa berbagai permasalah yang berbeda untuk disampaikan kepada teman sejawat dalam kelompok.

Langkah–langkah Pembelajaran

Untuk melaksanakan model pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli) adalah sebagai berikut

  1. Siswa dibagi dalam kelompok kecil, @ 3 – 5 orang siswa.
  2. Setiap anggota kelompok diberi tugas yang berbeda.
  3. Tiap siswa dalam kelompok membaca bagian tugas yang diperolehnya.
  4. Guru memerintahkan siswa yang mendapat tugas yang sama berkumpul membentuk kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan tugas tersebut.
  5. Setiap siswa kelompok-kelompok baru mencatat hasil diskusinya untuk di laporkan pada kelompk semua (kelompok lama).
  6. Selesai diskusi sebagai tim ahli, masing-masing kembali ke kelompok asal (semula) untuk menyampaikan hasil diskusi ke anggota kelompok asal dan secara bergilir atau bergantian dari tim ahli yang berbeda tugasnya. 
  7. Setelah seluruh siswa selesai melaporkan, guru menunjukkan salah satu kelompok untuk menyampaikan hasilnya, dan siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapinya.
  8. Guru dapat mengklarifikasi permasalahan serta disimpulkan
  9. Penutup.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Label Cloud

IPK (3) Perangkat (3) PKP (11) Program (3) Prota (3) RPP (14) Silabus (9)