Make a match (mencari pasangan) merupakan salah model pembelajaran kooperatif dimana siswa dituntut untuk menemukan pasangan yang sesuai dengan kartu permasalahan yang diperoleh melalui undian secara bebas. Kartu-kartu ini dipersiapkan oleh guru. Pada prinsipnya siswa dalam kelas dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok yang memecahkan masalahan dan kelompok yang membawa kartu soal.
Tujuan dari model pembelajaran ini adalah untuk membina ketrampilan menemukan informasi dan kerjasama dengan orang lain serta membina tanggung jawab untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui kartu permasalahan, maka Lorna Curran, tahun 1994 mengembangkan model pembelajaran kooperatif teknik “ make a match “ atau mencari pasangan.
Langkah-langkah Pembelajaran:
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review. sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
3. Tiap siswa memikirkan jawaban soal dari kartu yang dipegang.
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu jawabannya.
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point. atau hadiah.
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
7. Demikian seterusnya.
8. Guru menyimpulkan secara keseluruhan dari isi materi pembelajaran melalui kartu kartu tersebut.
9. Penutup.
Kompetensi Dasar | : | 3.5.Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dakam kerangka NKRI 4.5.Menyajihasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI 4.8.Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional |
Topik /Tema | : | Keutuhan NKRI |
Sub Topik/Tema | : | Makna proklamasi |
Tujuan Pembelajaran | : | 1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan 2. Menjelaskan bentuk negara Indonesia 3. Menjelaskan tujuan negara Indonesia 4. Menyusunhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan 5. Menyajikanhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan |
Alokasi Waktu | : | 3x40 menit |
Tahapan Pembelajaran | Kegiatan | |
Mengamati | a. Siswamengelompokkandirimenjadi 5 kelompokberanggotakan 6 orang b. Guru memintapesertadidikmambacawacanatentangbab V Daerah tempattinggalku, NKRI negarakuhalaman 76– 88materi B c. Guru membagikankartu yang terdiridari 2 warnaberbeda, digunakanuntukmembuatsoaldanjawaban d. Guru memberikantugaspadapesertadidikuntukmembuatsatusoalbesertajawabannyapadakartu yang sudah di bagikansesuaidenganmateri yang ditugaskankepadakelompok e. Guru menanamkansikaptelitidancermatdalammembacawacanadalambukuteks f. Guru menanamkansikapdisiplindantepatwaktudalampembuatansoalbesertajawaban | |
Menanya | a. Siswamembuatpertanyaanberdasarkanpengamatan yang dilaksanakanberkaitandengankeutuhan NKRI b. Siswamenginvertarispertanyaan – pertanyaan yang muncul c. SiswamenetapkanPertanyaan yang harus di jawabberkaitandengankeutuhan NKRI, seperticontohsebagaiberikut : 1. Menjelaskanmaknaproklamasikemerdekaan 2. Menjelaskanbentuknegara Indonesia 3. Menjelaskantujuan Negara Indonesia 4. Menyusunhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan 5. Menyajikanhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan | |
Mengumpulkan informasi | a. Siswadimintamencaridariberbagaisumberuntukmenjawabpertanyaan yang sudah di tetapkanbersama b. Siswamenulispertanyaandanmenulisjawabanpadakartu yang sudah di bagikan c. Siswamengumpulkankartu yang diisi d. Guru memisahkankartusoaldanjawabanmenurutkelompokmasing-masing e. Guru menempelkartujawabandaripesertadidik di tempat yang telah di sediakansejumlahkelompok f. Guru membagikartusoalpadapesertadidik g. Guru menjelaskanpetunjukkerjapadapesertadidik | |
Mengasosiasikan | a. Pesrtadidikmencarijawabandarikartusoal yang dipegangdanmenempelkanpadapasangannya b. Guru membimbingpesertadidikuntukmembahashasilkerja yang telahdilaksanakan c. Siswamembuatlaporandarihasilkerja yang telah di lakukan ( hasilpembahasan ) | |
Mengkomunikasikan | a. Siswamempresentasikanhasilkerjanya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar