Model Pembelajaran Make a Machts

Make a match (mencari pasangan) merupakan salah  model pembelajaran kooperatif dimana siswa dituntut untuk menemukan pasangan yang sesuai dengan kartu permasalahan yang diperoleh melalui undian secara bebas. Kartu-kartu ini dipersiapkan oleh guru. Pada prinsipnya siswa dalam kelas dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok yang memecahkan masalahan dan kelompok yang membawa  kartu soal.

Tujuan dari model pembelajaran ini adalah untuk  membina ketrampilan menemukan informasi dan  kerjasama dengan orang lain serta membina tanggung jawab untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui kartu permasalahan, maka Lorna Curran,  tahun 1994 mengembangkan model pembelajaran kooperatif teknik “ make a match “ atau mencari pasangan.

Langkah-langkah Pembelajaran:
1.  Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang   cocok untuk sesi review. sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.     Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
3.     Tiap siswa memikirkan jawaban soal dari kartu yang dipegang.
4.     Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu jawabannya.
5.    Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point. atau hadiah.
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
7.    Demikian seterusnya.
8. Guru menyimpulkan secara keseluruhan dari isi materi pembelajaran melalui kartu kartu tersebut.

9.    Penutup.

Kompetensi Dasar
:
3.5.Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dakam kerangka NKRI
4.5.Menyajihasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
4.8.Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
Topik /Tema
:
Keutuhan NKRI
Sub Topik/Tema
:
Makna proklamasi
Tujuan Pembelajaran
:
1.      Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
2.      Menjelaskan bentuk negara Indonesia
3.      Menjelaskan tujuan negara Indonesia
4.      Menyusunhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan
5.      Menyajikanhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan
Alokasi Waktu
:
 3x40 menit

Tahapan Pembelajaran
Kegiatan

Mengamati

a.       Siswamengelompokkandirimenjadi  5 kelompokberanggotakan 6 orang
b.      Guru memintapesertadidikmambacawacanatentangbab V Daerah tempattinggalku, NKRI negarakuhalaman 76– 88materi B
c.       Guru membagikankartu yang terdiridari 2 warnaberbeda,  digunakanuntukmembuatsoaldanjawaban
d.      Guru memberikantugaspadapesertadidikuntukmembuatsatusoalbesertajawabannyapadakartu yang sudah di bagikansesuaidenganmateri yang ditugaskankepadakelompok
e.       Guru menanamkansikaptelitidancermatdalammembacawacanadalambukuteks
f.       Guru menanamkansikapdisiplindantepatwaktudalampembuatansoalbesertajawaban


Menanya

a.       Siswamembuatpertanyaanberdasarkanpengamatan yang dilaksanakanberkaitandengankeutuhan NKRI
b.      Siswamenginvertarispertanyaan – pertanyaan yang muncul
c.       SiswamenetapkanPertanyaan yang harus di jawabberkaitandengankeutuhan NKRI, seperticontohsebagaiberikut :
1.      Menjelaskanmaknaproklamasikemerdekaan
2.      Menjelaskanbentuknegara Indonesia
3.      Menjelaskantujuan Negara Indonesia
4.      Menyusunhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan
5.      Menyajikanhasiltelaahmaknaproklamasikemerdekaan



Mengumpulkan informasi




a.       Siswadimintamencaridariberbagaisumberuntukmenjawabpertanyaan yang sudah di tetapkanbersama
b.      Siswamenulispertanyaandanmenulisjawabanpadakartu  yang sudah di bagikan
c.       Siswamengumpulkankartu yang diisi
d.      Guru memisahkankartusoaldanjawabanmenurutkelompokmasing-masing
e.       Guru menempelkartujawabandaripesertadidik di tempat yang telah di sediakansejumlahkelompok
f.       Guru membagikartusoalpadapesertadidik
g.       Guru menjelaskanpetunjukkerjapadapesertadidik


Mengasosiasikan


a.       Pesrtadidikmencarijawabandarikartusoal yang dipegangdanmenempelkanpadapasangannya
b.      Guru membimbingpesertadidikuntukmembahashasilkerja yang telahdilaksanakan
c.       Siswamembuatlaporandarihasilkerja yang telah di lakukan ( hasilpembahasan )

Mengkomunikasikan



a.       Siswamempresentasikanhasilkerjanya



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Label Cloud

IPK (3) Perangkat (3) PKP (11) Program (3) Prota (3) RPP (14) Silabus (9)