Kompetensi Dasar | : | 3. 5 Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI 4. 5 Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh NKRI 4.8 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional |
Topik | : | Peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan |
Sub Topik | : | Peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan |
Tujuan | : | 1. Menjelaskan peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo) dalam merebut kemerdekaan 2. Menjelaskan peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo) dalam mempertahankan kemerdekaan 3. Menjelaskan tokoh daerah tempat tinggalnya (kab Probolinggo ) dalam perjuangan kemerdekaan 4. Menyaji laporan tentang peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo)dalam merebut kemerdekaan 5. Menyaji laporan tentang peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo)dalam mempertahankan kemerdekaan |
Alokasi Waktu | : | 1x TM |
TAHAPPEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
1. Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan) | Ditayangkan foto RM Joyo Lelono (bupati kab Probolinggo semasa pemerintahan Jepang ) dan foto peta kab Probolinggo agar anak focus pada topik yang dibahas ,siswa diminta mengamati dengan seksama |
2. Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) | =Siswa diminta membuat pertanyaan yang berkaitan dengan kab Probolinggo menjelang dan sesudah proklamasi = Siswa menginventarisir pertanyaan pertanyaan yang muncul dari seluruh siswa untuk ditetapkan pertanyaan yang mana yang harus dijawab dan mana yang dihilangkan disesuaikan dengan peran kab Probolinggo menjelang dan setelah proklamasi |
3. Data collection (pengumpulandata) | = Siswa secara berkelompok diminta menjawab pertanyaan yang terpilih dengan cara mencari dari berbagai sumber belajar (internet,buku, berkunjung ke museum kab Probolinggo, wawancara dll) |
4. Data processing (pengolahan Data) | Siswa diminta melaksanakan diskusi kelompok untuk menentukan dan membuat laporan dari hasil kerjanya menjawab pertanyaan yang harus diselesaikan |
5. Verification (pembuktian) | Secara bergilir dan acak siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya (laporannya) untuk ditanggapi oleh kelompok lain di depan kelas |
6. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) | = Pada saat presentasi, kelompok presentasi menyimpulkan jawaban dari setiap pertanyaan yang dibahas dengan memperhatikan kritik, sanggahan, dukungan dan pertimbangan dari kelompok lain = kelompok menemukan sesuatu (pengetahuan, konsep, ) dari hasil kesmpulan yang didapat yaitu peran kab Probolinggo sebelum dan sesudah proklamasi. (Bersyukur karena bias menemukan sesuatu dengan cepat /bersyukur karena atas andil perjuangan tokoh kab probolinggo juga kemerdekaan tercapai ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar