Model Pembelajaran Discovery Learning


Kompetensi Dasar
:
3. 5 Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
4. 5 Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh NKRI
4.8 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
Topik
:
Peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan

Sub Topik
:
Peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan

Tujuan
:
1.      Menjelaskan peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo) dalam merebut kemerdekaan
2.      Menjelaskan peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo) dalam mempertahankan  kemerdekaan
3.      Menjelaskan tokoh daerah tempat tinggalnya (kab Probolinggo ) dalam perjuangan kemerdekaan
4.      Menyaji laporan tentang  peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo)dalam merebut kemerdekaan
5.      Menyaji laporan tentang  peran daerah tempat tinggal (kab Probolinggo)dalam mempertahankan  kemerdekaan

Alokasi Waktu
:
 1x TM

TAHAPPEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.  Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
Ditayangkan foto RM Joyo Lelono (bupati kab Probolinggo semasa pemerintahan Jepang ) dan foto peta kab Probolinggo agar anak focus pada  topik yang dibahas ,siswa diminta mengamati dengan seksama
2.  Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
=Siswa diminta membuat pertanyaan yang berkaitan dengan kab Probolinggo menjelang dan sesudah proklamasi
= Siswa menginventarisir pertanyaan pertanyaan yang muncul dari seluruh siswa untuk ditetapkan pertanyaan yang mana yang harus dijawab dan mana yang dihilangkan disesuaikan dengan peran kab Probolinggo menjelang dan setelah proklamasi
3.  Data collection (pengumpulandata)
= Siswa secara berkelompok  diminta menjawab pertanyaan yang terpilih dengan cara mencari dari berbagai sumber belajar (internet,buku, berkunjung ke museum kab Probolinggo, wawancara dll)


4.  Data processing (pengolahan Data)
Siswa diminta melaksanakan diskusi kelompok untuk menentukan dan membuat laporan dari hasil kerjanya menjawab pertanyaan yang harus diselesaikan
5.  Verification (pembuktian)
Secara bergilir dan acak siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya (laporannya) untuk ditanggapi oleh kelompok lain di depan kelas

6.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
=  Pada saat presentasi,  kelompok presentasi  menyimpulkan jawaban dari setiap  pertanyaan yang dibahas dengan memperhatikan kritik, sanggahan, dukungan dan pertimbangan dari kelompok lain
= kelompok menemukan sesuatu (pengetahuan, konsep, ) dari hasil kesmpulan yang didapat yaitu peran kab Probolinggo sebelum dan sesudah proklamasi. (Bersyukur karena bias menemukan sesuatu dengan cepat /bersyukur karena atas andil perjuangan tokoh kab probolinggo juga kemerdekaan tercapai )


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Label Cloud

IPK (3) Perangkat (3) PKP (11) Program (3) Prota (3) RPP (14) Silabus (9)