(RPP)
Sekolah : SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas /Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan
dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 15 Jam Pelajaran (5 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
NO | Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1. | 1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan | 1.4.1. Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. 1.4.2. Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
2. | 2.4 Menghargai keberagaman suku,agama, ras,dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras. |
3 | 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, Keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 3.4.1. Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia. 3.4.2. Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. 3.4.3. Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia. 3.4.4. Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia. 3.4.5. Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia. 3.4.6. Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika. 3.4.7. Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
4 | 4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika | 4.4.1. Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar- golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 4.4.2. Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar-golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Mengidentifikasi factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia
2. PertemuanKedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Menganalisis keberagaman masyarakat Indonesia.
3. PertemuanKetiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Memahami makna Bhinneka Tunggal Ika.
4. PertemuanKeempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Mengidntifikasi keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia
5. PertemuanKelima
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Membuat laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar- golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Fokus nilai-nilai sikap
1. Religius
2. Kesantunan
3. Tanggung jawab
4. Kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
1. Fakta
à Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk, yaitu masyarakat yang memiliki berbagai keberagaman. Factor penyebab keberagaman tersebut antasa lain : (1) Letak strategis wilayah Indonesia (2) Kondisi Negara kepulauan (3) Perbedaan kondisi alam (4) Keadaan transportasi dan komunikasi (5) Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
2. Konsep
à Keberagaman masyarakat Indonesia antara lain keberagaman suku, bangsa, budaya, ras, agama, kepercayaan dan antargolongan
3. Prinsip
à Arti penting keberagaman masyarakat Indonesia memiliki makna : (1) keberagaman merupakan kekayaan budaya bangsa yang bermanfaat baik secara ekonomi, pengembangan pengetahuan, dan ilmu pengetahuan, serta kreativitas dan inovasi (2) Keberagaman juga memiliki potensi negative apalagi tidak dilandasi kesadaran akan keberagaman serta semangat persatuan dan kesatuan
à Sikap dan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat merupakan kunci untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta mencegah proses perpecahan masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia
4. Prosedur
à Susunlah kegiatan pentas budaya Indonesia di sekolah dengan teliti dan cermat
2. Materi Pembelajaran Remedial
à Arti penting persatuan dan kesatuan
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
à Keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK: Integritas, Nasionalisme, Disiplin, Santun, Religius) v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Peran tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Faktor penyebab keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit | ||||||||||||
Kegiatan Inti
| 90 menit | ||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | |||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 15 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian:
à Sikap (Spiritual dan Sosial)
â Observasi (jurnal)
â Penilaian diri
â Penilaian antarteman
à Pengetahuan
â Ter tertulis
à Keterampilan
â Kinerja
2. Instrumen Penilaian: Terlampir
3. Pembelajaran Remedial:
Kegiatan pembelajaran remedial dilaksanakan dalam bentuk:
à Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
à Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
4. Pembelajaran Pengayaan:
Kegiatan pembelajaran pengayaan dilaksanakan dalam bentuk:
à Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
à Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
à Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar