S I L A B U S
Satuan Pendidikan : SMP Wachid Hasyim 7
Kelas : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : PPKn
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa 2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan jaman 2.2 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa 2.3 Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian 2.4 Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia 2.5 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928 2.1 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI | Pembelajaran pada KD KI 1 dan KI2 terintegrasi dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching | Penilaian hasil belajar dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik) | |||
3.1 Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman | · Ancaman dan usaha merubah Pancasila sebagai dasar negara · Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman. · Perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai berkembangan jaman dalam berbagai kehidupan | Mengamati · Membaca berita/artikel tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup · Menyimak dari berbagai sumber tentang perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Menanya · Mengidentifikasi pertanyaan tentang ancaman dan usaha merubah Pancasila sebagai dasr negara · Mengajukan pertanyaan tentang dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman. · Mengumpulkan pertanyaan tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai berkembangan jaman dalam berbagai kehidupan Mengumpulkan Informasi · Mencari informasi dari berbagai sumber tentang ancaman dan usaha merubah Pancasila sebagai dasar negara · Mengumpulkan sumber data berkaitan dengan arti penting dan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan jaman dalam berbagai kehidupan · Mengumpulkan data tentang perilaku sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan jaman. Menalar/Mengasosiasi · Menyimpulkan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa · Menentukan hubungan antara mewujudkan nilai-nilai Pancasila dengan perkembangan jaman saat ini dan dimasa yang akan datang Mengomunikasikan · Menyusun dan menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa · Menyusun laporan dan mempresentasikan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan jaman · Membuat dan membacakan ikrar/ komitmen untuk mempertahankan dan melaksanakan Pancasila sebagai dasar negara sesuai dinamika perkembangan jaman | Sikap: · Observasi perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran, serta komitmen kewarganegaraan (ikrar) Pengetahuan · Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Keterampilan · Menyajikan hasil telaah pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Dinamika Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa | 12 JP | · Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Kemdikbud · Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009 · Referensi atau Internet sesuai materi pokok |
3.2 Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | · Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Sikap positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | Mengamati · Membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Mengamati dari video/film/gambar tentang makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Menanya · Mengidentifikasi pertanyaan tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Mengajukan pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Mengumpulkan Informasi · Mencari informasi dari berbagai sumber tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Menenentukan sumber data dan mendiskusikan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Menalar/Mengasosiasi · Menyimpulkan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945 · Menenentukan hubungan setiap pokok pikiran yang terdapat dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Mengomunikasikan · Menyusun paparan dan mempresentasikan secara kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUDNegara Repuplik Indonesia · Menerapkan sikap positif terhadap Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari | Sikap: · Observasi perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran Pengetahuan: · Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Keterampilan: · Portofolio menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | 6 JP | · Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Kemdikbud · Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009 · UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Referensi atau Internet sesuai materi pokok |
3.3 Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4.3 Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | · Hakekat hukum (pengertian, macam, tujuan) · Arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara · Mentaati hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | Mengamati · Membaca berbagai sumber pengertian,ciri dan macam-macam hukum, serta membuat ringkasan secara individu · Mengamati perilaku teman sejawat tentang pelaksanaan kewajiban di lingkungan masyarakat · Mengamati dari video/film/gambar tentang perilaku penegakkan hukum di lingkungan masyarakat Menanya · Mengidentifikasikan pertanyaan tentang Hakekat hukum (pengertian, macam, tujuan) · Mengajukan pertanyaan dengan menggunakan High Order Thinking Skills (HOTS) tentang Arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Mengumpulkan Informasi · Mengumpulkan infromasi dari berbagai sumber tentang Hakikat hukum (pengertian, macam, tujuan) · Menentukan sumber data dan mendiskusikan Arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara · Menenentukan jenis data yang berkaitan dengan bentuk ketaatan hukum, seperti tertib lalu lintas, anti korupsi, dan sebagainya. Menalar/Mengasosiasi · Menyimpulkan tentang hakekat hukum yang berlaku dalam masyarakat dan negara · Menentukan hubungan antara arti penting hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dengan ketaatan terhadap hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Mengomunikasikan · Menyajikan hasil telaah tentang hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara · Menerapkan kewajiban-kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara · Melaporkan hasil pengamatan perilaku tentang penegakkan hukum di masyarakat · Mencoba berkomitmen untuk menegakkan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | Sikap: · Perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran. Jurnal dan penilaian teman sejawat, untuk menilai ketaatan terhadap hukum yang berlaku Pengetahuan: · Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Keterampilan: · Portofolio untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | 12 JP | · Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Kemdikbud · Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009 · Referensi atau Internet sesuai materi pokok |
3.4 Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila 4.4 Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara 4.7 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender | · Perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Arti penting bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Bersikap, bertutur kata, dan berperilaku yang baik sesuai dengan nilai dan moral Pancasila | Mengamati · Mengamati film atau gambar atau peristiwa tentang bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara · Menyimak dan mencatat berbagai tutur kata, perilaku, dan sikap dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Menanya · Mengidentifikasi pertanyaan tentang perbedaan bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dan buruk sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Mengidentifikasi arti penting bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila Mengumpulkan Informasi · Mencari dari berbagai sumber belajar dan mendiskusikan ciri - ciri dan perbedaan bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dan buruk sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Menenentukan sumber data misal: mengumpulkan angket kepada teman/masyarakat tentang bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dan buruk sesuai dengan nilai-nilai Pancasila Menalar/Mengasosiasi · Menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan tentang perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Menyimpulkan arti penting bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila Mengomunikasikan · Menyusun bahan presentasi dan mempresentasikan hasil telaah perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Mensimulasikan perbuatan tutur kata, perilaku, dan sikap yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Membiasakan bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari | Sikap: · Penilaian teman sejawat dan Penilaian diri, untuk menilai berrtutur kata, berperilaku dan bersikap sesuai nilai Pancasila. Jurnal, untuk mencatat dan menilai pembiasaan bertutur kata, berperilaku, dan bersikap. Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran, serta simulasi Keterampilan: · Portofolio untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh, ciri-ciri, dan perbedaan bertutur kata, berperilaku dan bersikap yang baik dan buruk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | 12 JP | · Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Kemdikbud · Film/Media cetak sesuai materi pokok · Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009 · Lingkungan masyarakat dan sekolah · Referensi atau Internet sesuai materi pokok |
3.5 Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya 4.5 Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat | Masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat | Mengamati · Mengamati kasus masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar · Membaca dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya Menanya · Mengidentifikasi pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyaraka · Mengajukan pertanyaan tentang berbagai masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya Mengumpulkan Informasi · Menentukan sumber data misal: wawancara,observasi dll tentang keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya · Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan Mengasosiasi · Mengelompokkan hasil wawancara dari berbagai sumber barkaitan dengan berbagai masalah keberagaman dalam masyarakat · Menentukan hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya . · Menyimpulkan berbagai alternative pemecahan masalah dan menyusun rencana tindakan Mengomunikasikan · Menyajikan hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat · Mencoba menyusun ikrar/komitmen bersama untuk menjaga kedamaian dalam keberagaman di masyarakat · Menerapkan kehidupan yang aman dan damai dalam keberagaman | Sikap: · Observasi Penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran Pengetahuan: · Portofolio untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya. Projek untuk menilai projek belajar kewarganegaraan | 12 JP | · Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Jakarta : Kemdikbud, · Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009 · Lingkungan masyarakat dan sekolah · Tokoh masyarakat dan pemerintah · Referensi atau Internet sesuai materi pokok |
3.6 Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 4.6 Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan 4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggungjawab kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional | 1. Perjuangan mempertahankan NKRI 2. Ancaman terhadap NKRI saat ini 3. Semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI | Mengamati · Mengamati film/wacana dan mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI · Membaca dari berbagai sumber tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI Menanya · Mengidentifikasi pertanyaan tentang perjuangan mempertahankan NKRI · Mengajukan pertanyaan tentang ancaman terhadap NKRI saat ini · Mengidentifikasi pertanyaan tentang Semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI Mengumpulkan Informasi · Menentukan sumber data tentang perjuangan mempertahankan NKRI · Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai ancaman terhadap NKRI saat ini Mengasosiasi · Menyimpulkan semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI · Menenentukan hubungan antara kemampuan menjaga keutuhan NKRI dengan ancaman yang dialami Indonesia saat ini Mengkomunikasikan · Menyajikan hasil telaah baik secara tertulis maupun lisan · Mencoba menyusun gagasan penguatan komitmen mempertahankan NKRI · Menerapkan perilaku yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional, seperti gerakan cinta produksi Indonesia, membersihkan/kunjungan monumen nasional, bantuan kepada veteran, dan sebagainya | Keterampilan: · Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI · Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI · Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran · Projek untuk menilai partisipasi kewarganegaraan | 12 JP | · Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX, Jakarta : Kemdikbud, · Film sesuai materi pokok · Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009 · Referensi atau Internet sesuai materi pokok |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar