PENETAPAN IPK PPKn 7

Mata Pelajaran PPKn kelas VII

Kompetensi Inti :
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

A. Semester Gasal



No
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek/Ranah
Pengetahuan
(Kognitif)
Sikap
(Affective)
Ketrampilan
(Psikomotorik)
1
A. Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.1     Bersyukur kepada Tuhan TME atas semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
2.1     Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai Warga Negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri Negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
3.1     Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
4.1.   Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.1.1       Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar  Negara.
1.1.2          Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan negara.
2.1.1          Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para pendiri negara.
2.1.2          Berani berperan/mensimulasikan sebagai pendiri negara.
3.1.1          Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam SidangBPUPKI.
3.1.2          Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila.
3.1.3          Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan.
3.1.4          Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.1.5          Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.1          Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.1.2          Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.3          Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.4          Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara.




B. Norma dan Keadilan
1.2     Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
2.2     Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2     Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2.   Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
1.2.1          Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsadan bernegara.
1.2.2          Menyadari pentingnya penegakan hukum untuk kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.
2.1.3          Mendukung proses penegakan hukum.
2.1.4          Terlibat aktif  dalam menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2.1          Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.
3.2.2          Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3          Menunjukkan perilaku sesuai norma.
3.2.4          Menunjukkan macam-macam keadilan.
3.2.5          Menganalisis pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.2.1          Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.2.2          Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4.2.3          Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.




C. Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.3     Menghargai nilai kesejarahan perumusan  dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
2.3     Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945
3.3     Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3.   Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.2.3    Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.2.4    Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.1.5    Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.2.6    Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.
3.2.7    Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.2.8    Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.
3.2.9    Mengidentifikasi nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.1    Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.
4.3.2    Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
4.3.3    Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.




B. Semester Genap



No
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek/Ranah
Pengetahuan
(Kognitif)
Sikap
(Affective)
Ketrampilan
(Psikomotorik)

D. Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
1.4      Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan
2.4      Menghargai keberagaman suku,agama, ras,dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4      Mengidentifikasi  keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.4      Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.4.1          Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
1.4.2          Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.1          Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.2          Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.
3.4.1          Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.2          Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3          Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
3.4.4          Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
3.4.5          Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
3.4.6          Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.7          Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.1          Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar-golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2          Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar-golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.




E. Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
1.5      Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
2.4      Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
3.5      Menganalisis bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
4.5      Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
1.4.3       Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan bangsa Indonesia.
1.4.4       Berpendapat secara jujur tentang arti pentingnya kerja sama dalam berbagaiidang kehidupan di masyarakat.
2.4.3       Menghargai pendapat tentang arti pentingnya kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
2.4.4       Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah.
3.5.1       Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
3.5.2       Memahami pentingnya kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.5.3       Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
3.5.4       Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
3.5.5       Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
4.5.1       Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat.
4.5.2       Meneladani perilaku kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan kehidupan.
4.5.3        Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan siswa.




F. Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.6      Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.5      Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya
3.6      Mengansosiasi karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republic Indonesia
4.6      Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat
1.4.5        Bersyukur terhadap daerahnya sebagai bagian dari NKRI.
1.4.6          Bangga terhadap daerah dalam kerangka NKRI.
2.6.1        Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.5.6          Mendeskripsikan perjuangan menuju NKRI.
3.5.7          Menganalisis peran pejuang di daerah dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.5.8          Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.5.9          Mendeskripsikan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
3.5.10      Menganalisis masalah berkaitan dengan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.1          Menunjukkan keterampilan mengamati tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.2          Menyusun laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.3          Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam







PenetapanTeknikPenilaian
Dalam memiliteknik penilaian mempertimbangkan ciri indikator,contoh:
o  Apabiltuntutan indikatomelakukan sesuatu, makteknik penilaiannya adalah unjuk kerj(performance).
o  Apabiltuntutan indicator berkaitan dengan pemahaman konsep, makteknik penilaiannya adalah tertulis.
o  Apabiltuntutan indikatomemuat unsur penyelidikan, makteknik penilaiannya adalah proyek
                                                                                                                                                    

                                                                                        Surabaya,   Juli 2017

Mengetahui,     
Kepala SMP/MTs                                          Guru Mata Pelajaran



Tri Priyantono, S.Pd                                     Wakid Sulaiman, S.Ag, SH                                                                                           

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Label Cloud

IPK (3) Perangkat (3) PKP (11) Program (3) Prota (3) RPP (14) Silabus (9)