PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MATA PELAJARAN PPKn

1.  Mengamati(Observing)
     Melihat, Membaca, Mendengar, Meraba, Mencium, Mencicipi
     Penayangan gambar/video tentang sikap sopan santun dalambertuturkataterhadap
     orangtua,      sikap jujurdalammelakukanjualbeli, dan sikap pengguna jalan di 
     perempatan jalan yang ada        rambu lampu lalu lintas.

     Peserta didik diminta untuk mengamati tayangan gambar/video

2.  Menanya (Questioning)
     Menanya, Memberi umpan balik, Mengungkapkan,
     Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana peserta didik 
     menunjukkan          sikap: rasa hormat dan kata hatinya berdasarkan hasil 
     pengamatan terhadap penayangan    gambar/video.
      Melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan gambar/video yang berkaitan dengan:
      a.  mengapa perilaku dibuat seperti itu?
      b.  apa inti dari setiap perilaku?
      c.  bagaimana perilaku itu dilakukan ?

3.  Menalar (Associating)
     Berpikir kritis, Menarik kesimpulan,Mendialogkan, Mengkomunikasikan
     Peserta didik berdiskusi tentang lembar  informasi materi ajar 1 s.d. 3 sesuai dengan 
     jumlah    kelompok :
     Kelompok 1    tentang pentingnya tata tertib di sekolah.
     Kelompok 2    tentang pentingnya bertegur sapa di  lingkungantetangga
     Kelompok 3   tentang pentingnya kerjasama dan keterbukaan  di lingkungan keluarga.

     Peserta didik pada masing-masing kelompok menjawab soal-soal dalam lembar 
     pertanyaan            yang telah dibagikan pada kertas yang telah disediakan

4.  Mencoba (Experimenting)
     SimulasiEksperimen
     Setiap kelompok melaksanakan simulasi secara bergiliran:
     Kelompok 1 mensimulasikan bagaimana    membudayakan ”bertutur kata 
     yang  sopan”

     Kelompok 2 mensimulasikan bagaimana        menunjukkan ”cara melapor 
     kepada   Ketua RT          karena ada tamu yang   menginap di rumahnya”

5.  Menyajikan
     Memperagakan, Penghayatan
     Setiap kelompok menyajikan hasil simulasi di depan kelas dengan suasana seolah 
     -olah  sebenarnya terjadi. 

6.  Menyimpulkan
     Memaknai Perilaku

     Melakukan klarifikasi bersama peserta didik dan guru tentang materi, suasana, dan 
     kelanjutan        pembelajaran
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muslim

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Label Cloud

IPK (3) Perangkat (3) PKP (11) Program (3) Prota (3) RPP (14) Silabus (9)