Melihat, Membaca, Mendengar, Meraba, Mencium, Mencicipi
Penayangan gambar/video tentang sikap sopan santun dalambertuturkataterhadap
orangtua, sikap jujurdalammelakukanjualbeli, dan sikap pengguna jalan di
perempatan jalan yang ada rambu lampu lalu lintas.
2. Menanya (Questioning)
Menanya, Memberi umpan balik, Mengungkapkan,
Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana peserta didik
menunjukkan sikap: rasa hormat dan kata hatinya berdasarkan hasil
pengamatan terhadap penayangan gambar/video.
Melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan gambar/video yang berkaitan dengan:
a. mengapa perilaku dibuat seperti itu?
b. apa inti dari setiap perilaku?
c. bagaimana perilaku itu dilakukan ?3. Menalar (Associating)
Berpikir kritis, Menarik kesimpulan,Mendialogkan, Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi tentang lembar informasi materi ajar 1 s.d. 3 sesuai dengan
jumlah kelompok :
Kelompok 1 tentang pentingnya tata tertib di sekolah.
Kelompok 2 tentang pentingnya bertegur sapa di lingkungantetangga
Kelompok 3 tentang pentingnya kerjasama dan keterbukaan di lingkungan keluarga.
Peserta didik pada masing-masing kelompok menjawab soal-soal dalam lembar
pertanyaan yang telah dibagikan pada kertas yang telah disediakan
Simulasi, Eksperimen
Setiap kelompok melaksanakan simulasi secara bergiliran:
Kelompok 1 mensimulasikan bagaimana membudayakan ”bertutur kata
yang sopan”
Kelompok 2 mensimulasikan bagaimana menunjukkan ”cara melapor
kepada Ketua RT karena ada tamu yang menginap di rumahnya”
Memperagakan, Penghayatan
Setiap kelompok menyajikan hasil simulasi di depan kelas dengan suasana seolah
-olah sebenarnya terjadi.
Memaknai Perilaku
Melakukan klarifikasi bersama peserta didik dan guru tentang materi, suasana, dan
kelanjutan pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar